Profil Saya

Foto saya
Pekanbaru, Riau, Indonesia
Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau

Kamis, 14 November 2013

Definisi Komunikasi


Defenisi komunikasi
 
          Menurut Gerald R.Miller komunikasi adalah terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
          Menurut Onong Uchjana Effendi komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).
            Menurut Roger  Stuart G.W (1998), Komunikasi adalah suatu hububgan yang dapat menimbulkan perubahan sikap, tingkah laku, serta kebersamaan dalam menciptakan saling pengertiam dari orang yang terlibat dalam komunikasi.
            Menurut Kozier (1995), komunikasi adalah pertukaran informasi antar dua atau lebih manusia dengan kata lain, pertukaran ide dan fikiran.
            Menurut William abliq komunikasi adalah proses pengoperan lambang yang memiliki arti diantara individu. Car I . Hovland berpendapat bahwa komunikasi adalah proses ketika seorang individu (komunikator) mengoper perangsang untuk mengubah tingkah laku individu yang lain.
            Analisis pengertian komunikasi dan lima unsur komunikasi menurut Harold Lasswell komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? Mengatakan apa? Dengan saluran apa? Kepada siapa? Dengan akibat atau hasil apa? (who? Say what? In with vhannel? To whom? With what effect? Lasswell 1960).
            Analisis lima unsur menurut Lasswell :
  1. Who? (siapa/sumber/sourch)
Sourch adalah pelaku utama yang memulai suatu komunikasi dengan menyampaikan pesan kepada komunikan.

  1. say what (pesan)
pesan adalah isi informasi yang berupa seperangkat simbol verbal atau nonverbal yang mewakili perasaan, nilai, dan gagasan.
  1. In with channel adalah wahana media atau alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan baik secara langsung maupun tidak langsung.
  2. To whom (untuk siapa/penerima) adalah orang penerima pesan dari sumber.
  3. With what effect (dampak/efek).
Dampak atau efek yang terjadi pada komunikan setelah menerima pesan dari sumber, seperti perubahan sikap.
Dari pengertian komunikasi di atas dapat kami paparkan sebuah contoh komunikasi.
Contoh : komunikasi antara dosen dengan mahasiswa.
Dosen sebagai komunikator harus memiliki pesan yang jelas yang akan di sampaikan kepada mahasiswa atau komunikan. Setelah itu dosen juga harus menentukan saluran untuk berkomunikasi, baik secara langsung (tatap muka) atau tidak langsung (media). Setelah itu dosen harus menyesuaikan topik yang sesuai dengan mahasiswa/komunikan, juga harus menentukan tujuan komunikasi agar terjadi dampak pada diri komunikan sesuai dengan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar